Rekomendasi Emas 12 Maret 2024: Bertengger di $2,180 Setelah Rally Minggu Lalu

485
harga emas

(Vibiznews – Commodity) Harga emas pada jam perdagangan sesi AS hari Senin diperdagangkan di sekitar $2,180 per troy ons.

Yields obligasi treasury AS bertahan stabil sedikit di bawah 4.1$ sehingga membatasi volatilitas daripada harga emas.

Harga emas terus bergerak konsolidasi menjelang jam perdagangan sesi Eropa hari Senin dan tetap berada di bawah dari rekor puncak yang disentuh pada hari Jumat minggu lalu.

Rally harga emas berhenti sejenak pada awal jam perdagangan sesi AS sementara para investor sedang menunggu keluarnya data inflasi AS, Consumer Price Index (CPI) bulan Februari.

Investor juga akan mengamati dengan seksama data penjualan ritel dan producer price index (PPI) yang akan keluar pada hari Kamis yang akan bisa memberikan pandangan baru terhadap situasi ekonomi AS ditengah meningkatnya ekspektasi akan turunnya tingkat bunga the Fed pada bulan Juni.

Outlook jangka pendek bagi emas tetap bullish. Laporan NFP bulan Februari yang dirilis pada hari Jumat minggu lalu dan testimoni ketua Federal Reserve AS Jerome Powell di depan Kongres AS membuat harapan tetap hidup bahwa bank sentral AS ini akan menurunkan tingkat bunganya pada pertemuan kebijakan bulan Juni.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $2,150 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $2,130 dan kemudian $2,100. “Resistance” terdekat menunggu di $2,190, yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $2,200 dan kemudian $2,250.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.