Emas Rentan Turun Lebih Jauh: Ke $1,200?

856

(Vibiznews-Commodity) Harga emas dan perak turun dan telah menyentuh kerendahan 12 bulan yang baru pada awal perdagangan dari sesi AS hari Kamis kemarin. Kebangkitan dari indeks dolar AS pada minggu ini, yang menyentuh ketinggian 12 bulan semalam dan jatuhnya harga minyak mentah adalah elemen “bearish” diluar pasar bagi pasar metal berharga. Postur tehnikal untuk emas dan perak juga sepenuhnya “bearish”, yang mengundang para penjual yang berdasarkan grafik.

Emas berjangka bulan Agustus terakhir diperdagangkan pada $1,217.90 per ons, turun hampir 1% pada hari kemarin. Metal berharga telah rugi hampir 10% dalam tiga bulan terakhir. Sementara itu, selama waktu yang sama, indeks dolar AS telah naik 7% diperdagangkan pada ketinggian 1 tahun yang baru pada 95.47.

Gelombang berikutnya dari tekanan jual telah memukul pasar emas, tetapi para analis mulai bertanya seberapa lama lagi tren turun sekarang ini bisa terus berlanjut. Banyak melihat kerendahan pada bulan Juli 2017 pada $1,204 sebagai garis batas bawahnya.

Jasper Lawler, kepala riset di London Capital Group, di dalam laporannya mengatakan bahwa faktor musiman bisa terus memelihara tekanan terhadap emas. Dia menambahkan bahwa dia melihat harga emas sedang mengetes garis support yang kritikal pada $1,200 per ons dalam jangka pendek.

Sementara tidak ada petunjuk dari grafik awal yang signifikan bahwa harga emas dan perak telah mendekati dasar, mereka saat ini secara jangka pendek telah “oversold”, secara tehnikal, dan sudah waktunya untuk mengalami koreksi kenaikan segera.

Sementara emas bisa sudah tidak punya ruangan untuk bergerak lebih rendah lagi dalam jangka pendek, banyak analis berkata bahwa ini adalah pergerakan kapitulasi yang telah mereka tunggu-tunggu untuk mengeluarkan para penjual terakhir dari pasar.

Bill Baruch, presiden dari Blue Line Futures, berkata bahwa dia tetap “bullish” secara jangka panjang atas emas dan terus melihat nilai emas pada level sekarang.

Dia mengatakan,”Saya melihat pasar ini dan tidak melihat ada sesuatu yang akan terus menahan emas pada level ini untuk waktu yang lama. Saya tidak melihat dolar AS menguat selamanya. Saya percaya bahwa emas akan berada pada $1,300 pada musim gugur ini.

Ricky Ferlianto/VBN/Head of III, Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here