Harga Karet Berjangka Turun Mengikuti Penurunan Harga Minyak Mentah

781

(Vibiznews – Commodity) – Harga karet kembali turun di penutupan pasar karena pengaruh harga minyak yang turun dan persediaan meningkat.

Harga karet Februari di TOCOM turun 0.6% ke 172 yen perkg, harga sempat naik 2.4 yen menjadi 173 yen per kg harga tertinggi empat minggu pada sesi sebelumnya.

Harga karet turun untuk lima sampai enam sesi karena produksi karet meningkat dan permintaan dari pedagang turun.

Harga karet di TOCOM sangat dipengaruhi oleh harga minyak dan kurs dari yen terhadap dolar AS. Harga karet sempat bergerak naik ketika harga minyak mentah meningkat kemarin karena ada serangan ke sebuah fasilitas pemrosesan minyak di Abqaiq dan ladang minyak Khura di dekatnya diserang hari Sabtu sehingga output minyak menjadi hanya 50%. Namun kenaikan itu terhenti karena produksi karet meningkat.

Dengan kenaikan harga minyak maka pabrik-pabrik akan membeli karet alam yang lebih murah dibanding karet sintesis yang memakai bahan baku minyak. Efek kenaikan harga ternyata hanya sementara karena Arab Saudi sudah memperbaiki fasilitas pemrosesan minyak di Abqaig sehingga harga minyak mentah kembali turun, membuat harga karet kembali turun.

Analisa tehnikal dengan support pertama di 163.20 yen dan berikut ke 160.7 yen sedangkan resistant pertama di 174.30 yen dan berikut ke 176.80 yen.

Loni T / Analyst Vibiz Learning Centre – Vibiz Consulting Group

Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here