EUR/USD Bertempur Di Dekat 1.11 Ditengah Menguatnya USD & Bagusnya Data Industri Jerman

487

(Vibiznews-Forex) EUR/USD diperdagangkan disekitar 1.11 setelah angka hasil industri Jerman keluar mengatasi dari yang diperkirakan dengan 1.1% pada bulan November. Sentimen pasar juga baik ditengah tenangnya kembali Timur Tengah dan dolar AS kembali memperoleh pijakannya.

Sebaliknya, laporan ADP AS menunjukkan bahwa para pemberi kerja di sektor swasta menambah 202.000 pekerjaan pada bulan Desember mengatasi perkiraan konsensus dengan perbedaan yang besar. Ditambah lagi, angka bulan sebelumnya direvisi naik menjadi 124.000 sehingga mendorong dolar AS naik. Sementara itu, berkurangnya resiko akan terjadinya eskalasi yang segera dari ketegangan antara AS dengan Iran membawa kepada rally “intraday” yang kuat atas imbal hasil obligasi treasury AS, yang menambah dukungan bagi dolar AS, menyebabkan turunnya pasangan matauang ini. Ketegangan geopolitik menurun signifikan setelah Presiden AS Donald Trump mengumumkan sanksi yang baru terhadap Iran dan bukannya tindakan militer yang segera.

Dengan pidato Trump menenangkan kerisauan investor atas situasi di Timur Tengah, partisipan pasar selanjutnya melihat ke data makro ekonomi Jerman sebagai petunjuk yang baru. Hasil industri Jerman untuk bulan November keluar di 1.1%, lebih baik daripada yang diperkirakan di 0.7% MoM.

“Support” terdekat menunggu di 1.1088 yang apabila berhasil ditembus akan lanjut ke 1.1068 dan kemudian 1.1015. Sedangkan “resistance” terdekat menunggu di 1.1140 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1175 dan kemudian 1.1228.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here