Rekomendasi EUR/USD 12 Januari 2020: Jatuh Karena Naiknya Yield AS & Sentimen “Risk-Off”

2172
Sumber : Wikipedia

(Vibiznews – Forex) EUR/USD jatuh dibawah 1.22, terendah selama tiga minggu. Naiknya imbal hasil obligasi AS dan keengganan dari the Fed untuk bertindak telah mendorong naik dolar AS.

Sebelumnya pandangan orang adalah hanya “taper tantrum” baru yang bisa membuat dolar AS naik, namun sekarang, Federal Reserve mentolerir naiknya imbal hasil dari Treasuries AS, sehingga membuat dolar AS naik. Naiknya imbal hasil dari obligasi 10 tahun – yang membumbung diatas 1%  – telah mendukung naik dolar AS.

Richard Clarida, wakil bank sentral AS, pada hari Jumat minggu lalu, mengatakan bahwa dia ingin mempertahankan kecepatan dari pembelian obligasi. Sebelumnya, Raphael Bostic, Presiden Federal Reserve cabang Atlanta memberikan tanda bahwa dia ingin mengurangi kecepatan pembelian dari Federal Reserve.

Sementara itu, para investor ramai – ramai menjual obligasi setelah Demokrat mengambil alih kontrol atas Senat yang membuka jalan bagi mereka untuk mengeluarkan rencana stimulus yang lebih boros dan menerbitkan lebih banyak hutang.

The Fed memperhatikan kesulitan yang terjadi sekarang dan berharap kepada pemulihan lewat vaksin. Naiknya imbal hasil saat ini dipandang sebagai optimisme di pasar yang disambut baik oleh the Fed saat ini.

Hanya apabila terjadi aksi jual saham yang masif yang bisa membuat bank sentral AS ini menambah pembelian obligasi dan mengirim dolar AS turun. Kemenangan Demokrat di pemilihan Senat di Georgia merupakan alasan dibalik kenaikan dolar AS yang signifikan, bukan penyerbuan ke Capitol. Sebegitu jauh, pasar mengabaikan drama politik AS.

Covid – 19 terus meningkat di AS dan Eropa. Sementara itu, kecepatan pembagian vaksin tetap lambat. Sebegitu jauh baru 2% orang Amerika yang menerima vaksin dan di Eropa kurang dari 1%. Investor mengingini statistik imunisasi meningkat dan Covid – 19 turun.

“Support” terdekat menunggu di 1.2165 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.2125 dan kemudian 1.2080. “Resistance” terdekat menunggu di 1.2205 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.2240 dan kemudian 1.2275.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here