Rekomendasi EUR/USD 5 Maret 2021: Turun Tajam Setelah Pidato Powell

2910

(Vibiznews – Forex) EUR/USD diperdagangkan menuju 1.1950 karena naiknya yields AS ke  1.51%, setelah Pidato dari Gubernur Fed Powell.

Di dalam pidatonya, Powell mengatakan lonjakan imbal hasil baru-baru ini telah  menarik perhatian  mereka dan  prihatin dengan kondisi pasar yang tidak teratur atau pengetatan yang terus-menerus dalam kondisi keuangan yang mengancam pencapaian tujuan Fed.

Namun kepala Fed tersebut mengatakan perkiraannya tentang kenaikan inflasi hanya sementara, dikarenakan   ada banyak alasan untuk menutupi  sebelum pertumbuhan harga mencapai tingkat yang berkelanjutan di atas target 2 persen Fed. The Fed juga  mengisyaratkan bahwa suku bunga akan tetap pada level mendekati nol sampai inflasi berada di jalur yang melebihi 2 persen untuk beberapa waktu.

Naiknya yields AS disebabkan karena semakin dekatnya akan dikeluarkannya stimulus fiscal AS untuk kelegaan bagi mereka yang terdampak Covid -19.

Pasar kelihatannya mengabaikan dua angka ekonomi AS yang mengecewakan. Statistik pekerjaan sektor swasta dari ADP dan PMI Jasa dari ISM meleset dari yang diperkirakan.

Silahkan klik jika ingin join Telegram Vibiznews

Di benua Eropa, Jerman melonggarkan Sebagian restriksi pada hari Senin, namun kebanyakan masih diperpanjang sampai akhir bulan Maret. Negara – negara Eropa melonggarkan Batasan terhadap penggunaan vaksin dari AstraZeneca setelah lambatnya kemajuan. AS telah memberikan vaksin terhadap sekitar 16% dari populasinya sementara negara – negara Eropa masih jauh dari mencapai dua digit.

Secara keseluruhan, vaksinasi dan prospek pertumbuhan ekonomi membuat pasangan matauang ini mengarah turun, apalagi setelah Powell memberikan tanda bahwa the Fed tidak akan bertindak, maka EUR/USD turun semakin tajam.

“Support” terdekat menunggu di 1.1937 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1899 dan kemudian 1.1798.  “Resistance” terdekat menunggu di 1.2038 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.2101dan kemudian 1.2202.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here