Rekomendasi GBP/USD 10 Maret 2021: Naik karena Melemahnya USD

1142

(Vibiznews – Forex) GBP/USD mengambil keuntungan dari sentiment pasar yang bagus untuk mengambil pijakan dan meraih kembali level 1.39, dan diperdagangkan di sekitar 1.3905. Variasi dari melemahnya yields AS, pernyataan dari Gubernur BoE Bailey yang memundurkan tingkat bunga yang negatip serta kemajuan vaksinasi Inggris mendorong naik poundsterling.

Poundsterling mendapatkan keuntungan dari turunnya dollar AS. Intervensi Cina di pasar untuk menaikkan harga saham yang terus tertekan turun, memicu sentiment “risk-on” di pasar yang membebani dollar AS yang safe-haven. Terlebih lagi, investor membeli obligasi AS pada harga yang lebih rendah, sehingga mengakibatkan jatuhnya yields AS dan sekaligus mendorong dollar AS turuh juga.

Apakah hal ini bisa berlanjut? Undang – undang stimulus fiscal untuk melegakan mereka yang terdampak Covid – 19 sudah berhasil lolos dari Senat AS senilai sekitar $1.9 triliun. Hal ini akan membuat segera diluncurkannya belanja pemerintah yang besar yang berarti penerbitan surat hutang yang lebih banyak lagi yang berpotensi menaikkan imbal hasil dari Treasuries AS.

Amerika Serikat akan mengadakan lelang obligasi 3 tahun pada hari Selasa dan 10 tahun pada hari Rabu yang diamati oleh pasar dengan seksama. Naiknya Kembali imbal hasil obligasi AS bisa memicu naiknya kembali dollar AS dan mengakhiri ketenangan pasar pada sekarang ini.

       Silahkan klik jika ingin join Telegram Vibiznews

Secara keseluruhan, sementara Poundsterling berhasil melewati badai karena naiknya yields dan dollar AS lebih baik daripada matauang utama dunia lainnya, Poundsterling masih jauh dari imun terhadap kenaikan dollar AS berikutnya.

“Support” terdekat menunggu di 1.3825 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3775 dan kemudian 1.3745. “Resistance” terdekat menunggu di 1.3915 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3950 dan kemudian 1.4015.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here