Rekomendasi GBP/USD 21 April 2021: Turun Meskipun Berpotensi Naik

1229
London - Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Forex) GBP/USD diperdagangkan dibawah 1.40, disekitar 1.3953, turun dari ketinggiannya ditengah angka pekerjaan Inggris yang bagus, karena koreksi normal akibat kenaikkan yang terlalu tinggi dan cepat.

Inggris melaporkan penurunan tingkat pengangguran ke 4.9%, lebih baik daripada yang diperkirakan. The Claimant Count Change juga mengatasi daripada yang diperkirakan.

Apakah kenaikan GBP/USD yang sampai 340 pips dalam satu minggu terlalu tinggi dan terlalu cepat? Secara grafik tehnikal kelihatannya begitu, tapi pelemahan dollar AS yang terus berlangsung bisa menyebabkan kenaikan yang lebih jauh.

Dollar AS tetap dalam posisi di bawah dengan yields treasury AS tetap rendah secara relatif, meskipun sudah sempat naik sedikit baru-baru ini. Yields obligasi benchmark AS 10 tahun, berada pada sekitar 1.60%, masih jauh dari ketinggian yang sempat dicapai di 1.77% namun diatas dari kerendahan baru-baru ini 1.55%.

Sentimen pasar tetap bagus terhadap ekonomi AS, yang terus menunjukkan data-data ekonomi yang bagus dan hal ini membantu menaikkan ekonomi negara lainnya. Sentimen “risk-on” ini membebani dollar AS yang safe-haven dan kelemahan dollar AS sekarang sudah punya kekuatannya sendiri sehingga tetap melemah meskipun terjadi penurunan di dalam pasar saham AS.

Faktor lainnya yang menekan dollar AS adalah spekulasi mengenai belanja infrastruktur AS.

Sementara itu, Inggris terus mendapatkan keuntungan dari keberhasilan kampanye vaksinya. Infeksi dan pasien ke rumah sakit terus menurun meskipun kegiatan ekonomi sudah dibuka kembali secara bertahap.

Selain itu poundsterling juga mendapatkan keuntungan dari bagusnya data ekonomi yang keluar. Dari laporan pekerjaan, tingkat pengangguran secara mengejutkan turun ke 4.9%, pada bulan Februari. Dan Claimant Count Change mengejutkan karena hanya bertambah sedikit sebesar 10,100 di bulan Maret.

Secara keseluruhan Sterling masih memiliki alasan untuk naik sementara dollar AS menjadi lebih kompleks.

“Support” terdekat menunggu di 1.3920 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3850 dan kemudian 1.3810. “Resistance” terdekat menunggu di 1.4000 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.4050 dan kemudian 1.4075.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here