Rekomendasi GBP/USD 20 Agustus 2021:Turun karena Menguatnya Dolar AS.

1791

(Vibiznews – Forex) GBP/USD memperpanjang kejatuhannya ke 1.3650, menyentuh kerendahan selama empat minggu, setelah risalah pertemuan dari the Fed menyebut mengenai “tapering”. Kekuatiran bahwa BoE mungkin harus menunda untuk melakukan pengetatan disebabkan oleh rendahnya inflasi dan naiknya kasus Covid – 19 di Inggris, membebani Sterling.

Risalah pertemuan the Fed memberikan signal pengurangan skema pembelian obligasi atau pengetatan (tapering) sudah ada di dalam agenda the Fed.

Tapering sedang datang, inilah narasi yang datang dari risalah pertemuan Federal Reserve dan hal ini mendorong naik dollar AS. Jika the Fed memang benar mengurangi skema pembelian obligasinya, matauang dollar AS memiliki ruang untuk naik.

Namun menguatnya dollar AS ini bisa mencapai batasnya dan mengalami koreksi dengan para investor mulai berpikir ulang mengenai makna dari risalah pertemuan FOMC the Fed.

Pertama, pengumuman di atas mengenai pengurangan pembelian obligasi pada tahun ini sudah ada di dalam agenda sebelumnya. Kedua, risalah tersebut berasal dari pertemuaan yang diadakan pada akhir bulan Juli, dan sejak saat itu, beberapa data ekonomi AS yang keluar mengecewakan. Consumer Confidence bulan Agustus turun lebih rendah dari kerendahan selama pandemik dan angka penjualan ritel bulan Juli, sangat mengecewakan. Terlebih lagi varian Covid Delta terus menyebar dengan cepatnya. Ketiga, dari risalah dapat disimpulkan bahwa the Fed tidak akan secara otomatis menaikkan tingkat bunga pada saat mengakhiri proses tapering.

Sementara itu BoE tidak mungkin bergegas melakukan pengetatan, khususnya setelah publikasi data inflasi pada hari Rabu. CPI umum hanya naik 2% pada bulan Juli, lebih rendah daripada yang diperkirakan.

Secara keseluruhan, dollar AS memiliki ruang untuk turun dari ketinggiannya, namun sterling kemungkinan juga perlu berjuang untuk bisa mengkapitalisirnya.

“Support” terdekat menunggu di 1.3640 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3595 dan kemudian 1.3550.  “Resistance” terdekat menunggu di 1.3700 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3785 dan kemudian 1.3800.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here