Rekomendasi GBP/USD 12 Oktober 2021: Turun karena Naiknya USD

1161
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Forex) GBP/USD melepaskan sebagian besar dari keuntungannya dan terakhir di perdagangkan di sekitar area 1.3605.

Pada akhir minggu Bank of England memberikan signal bahwa kenaikan tingkat bunga sudah diambang pintu. Hal ini memberikan kenaikan intraday terhadap Poundsterling Inggris pada hari pertama dari minggu perdagangan yang baru.

Gubernur BoE Andrew Bailey memperingati potensi yang merusak dari inflasi kecuali para pembuat kebijakan mengambil langkah penyelamatan. Selain itu, Michael Saunders, salah satu anggota yang paling hawkish dari MPC BoE, mengatakan bahwa investor sudah benar memperkirakan akan ada kenaikan tingkat bunga. Sebagai akibatnya pasangan matauang GBP/USD sempat naik ke level sekitar 1.3670, meskipun pada akhirnya gagal mengkapitalisir kenaikan tersebut karena naiknya permintaan akan dollar AS.

Dollar AS berbalik naik ditengah sentimen pasar yang berbalik memburuk. Banyaknya keprihatinan sehubungan dengan tapering yang akan dilakukan oleh the Fed, ketegangan hubungan AS – Cina, dan membumbung naiknya harga energi menggencet minat terhadap resiko.

Biro Statistik Tenaga Kerja AS melaporkan pada hari Jumat minggu lalu bahwa Non-farm Payrolls (NFP) AS di bulan September hanya bertambah sebanyak 194.000 pekerjaan. Meskipun angka NFP meleset jauh dari yang diperkirakan sebesar 500.000 pekerjaan, dollar AS tetap tangguh secara relatif terhadap rival-rival utamanya didukung oleh naiknya yields obligasi treasury AS.

Yields obligasi AS 10 tahun mencapai level tertinggi sejak awal Juni di 1.617% pada hari Jumat, menunjukkan bahwa laporan pekerjaan bulan September hanya sedikit bisa mengubah prospek tapering Federal Reserve.

Sementara itu, turunnya saham berjangka AS menunjukkan bahwa GBP/USD harus berjuang untuk mengumpulkan momentum bullish.

“Support” terdekat menunggu di 1.3544 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3504 dan kemudian 1.3435.  “Resistance” terdekat menunggu di 1.3655 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3695 dan kemudian 1.3730.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here