Rekomendasi GBP/USD 30 Desember 2021: Naik karena USD Berbalik Turun

986
London - Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Forex) GBP/USD sempat tertekan ke arah 1.34 pada awal perdagangan namun berhasil membalikkan arah pada perdagangan selanjutnya. Dengan dollar AS mengalami tekanan bearish yang baru pada perdagangan sesi AS, pasangan matauang ini membukukan keuntungan di sekitar 1.3475.

Setelah sempat naik ke level tertinggi selama lebih dari sebulan di 1.3463, GBP/USD berbalik turun ke support kunci di 1.34 karena sentimen pasar yang memburuk telah memberikan dorongan naik terhadap dollar AS yang safe-haven.

Arus safe-haven muncul karena angka kasus coronavirus di Inggris masih meningkat dengan kecepatan seperti yang belum pernah terjadi sebelumnya dan investor semakin bertambah prihatin mengenai potensi dampak negatipnya atas aktifitas ekonomi. Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara telah mengumumkan tambahan restriksi.

Namun melemahnya dollar AS karena data pending home sales AS yang keluar mengecewakan telah membuat pasangan matauang GBP/USD berbalik naik. Pending home sales AS yang keluar turun 2.7% dibandingkan dengan yang diperkirakan kenaikan sebesar 0.6%.

“Support” terdekat menunggu di 1.3450 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3400 dan kemudian 1.3370.  “Resistance” terdekat menunggu di 1.3480 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3500 dan kemudian 1.3550.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here