Rekomendasi EUR/USD 15 Februari 2022: Tertekan Naiknya USD

882

(Vibiznews – Forex) EUR/USD terus turun dan mengetes level 1.300 disekitar 1.3008 pada hari Senin dengan lingkungan pasar yang enggan terhadap resiko membuat dollar AS bisa mempertahankan kekuatannya. Investor terus memperhatikan berita-berita Rusia – Ukarina sambil menunggu pidato Presiden ECB Lagarde dan komentar pejabat the Fed Bullard.

EUR/USD menderita kerugian besar pada hari Jumat minggu lalu dan memulai minggu yang baru dari bawah. Sentimen pasar yang buruk membuat matauang bersama Eropa sulit mendapatkan permintaan.

Sentimen pasar yang negatif membantu dollar AS mendapatkan permintaan pada akhir minggu lalu dan indeks dollar AS membukukan keuntungan mingguan.

Meningkatnya ketakutan atas konflik militer antara Ukraina dan Rusia memaksa para investor menjauh dari assets yang beresiko pada permulaan minggu yang baru dan membuat EUR/USD sulit mengalami rebound. Sementara, DAX 30 Jerman dan Euro Stoxx 50 kedua-duanya turun lebih dari 2,5%.

Presiden ECB Christine Lagarde akan menyampaikan pidatonya. Sebelumnya Lagarde mengatakan bahwa menaikkan tingkat bunga tidak akan menyelesaikan persoalan inflasi dan berkata bahwa mereka tidak ingin mencekik mati pemulihan ekonomi.

Presiden Fed St Louis James Bullard akan muncul di dalam interview dengan CNBC. Minggu lalu, Bullard mengatakan bahwa the Fed perlu menaikkan tingkat bunga sebanyak 100 basis poin pada bulan Juli untuk memerangi inflasi. Kecuali Bullard mengatakan sebaliknya dan menganut nada yang dovish, maka pasar akan mengabaikan komentarnya.

“Support” terdekat menunggu di 1.1300  yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1260 dan kemudian 1.1200. “Resistance” terdekat menunggu di 1.1320 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1340 dan kemudian 1.1370.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido