Rekomendasi EUR/USD 2 Maret 2022: Melanjutkan Penurunan ditengah Keengganan Resiko Di Pasar

1079

(Vibiznews – Forex) EUR/USD turun dan memperpanjang penurunannya setelah menembus ke bawah 1.2000 pada perdagangan sesi Eropa dan diperdagangkan di sekitar 1.1133.  Matauang bersama Eropa mengalami kesulitan untuk mendapatkan permintaannya dengan para investor menjadi berhati-hati atas berita – berita terbaru dari peperangan Rusia – Ukraina.

Sebelumnya EUR/USD berhasil bangkit pada hari Senin malam dan terus stabil di atas 1.1200 pada hari Selasa pagi. Namun pasangan matauang ini sangat tergantung kepada persepsi pasar mengenai resiko dan analisa tehnikal tidak memberikan petunjuk arah yang jelas dalam jangka pendek ini.

Setelah pembicaraan damai dalam pertemuan hari Senin, delegasi dari Rusia dan Ukraina mengumumkan bahwa mereka akan bertemu kembali untuk pembicaraan damai ronde ke dua. Perkembangan ini memberikan investor kelegaan meskipun rally resiko tetap terbatas dengan Rusia dilaporkan sedang meningkatkan kehadiran militernya di Ukraina pada Selasa pagi.

Berita dari intelijen AS melaporkan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin menurunkan kekerasannya karena kesulitan militer di Ukraina. Namun, kecuali tindakan Rusia ini didukung dengan kerelaan mereka untuk menemukan solusi diplomatik dalam konflik ini, investor akan menjauh dari asset yang beresiko dan dollar AS bisa mendapatkan kembali kekuatannya.

“Support” terdekat menunggu di 1.1100  yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1050 dan kemudian 1.1000. “Resistance” terdekat menunggu di 1.1160 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1200 dan kemudian 1.1260.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido