Rekomendasi GBP/USD 18 Maret 2022: Berbalik Turun Setelah Pengumuman BoE.

794
London - Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Forex) Sebelum pengumuman Bank of England (BoE), GBP/USD diperdagangkan di atas 1.3150 di sekitar 1.3189, berhasil mempertahankan keuntungannya. Namun pergerakan naik selanjutnya terhenti dan bahkan berbalik arah turun setelah pengumuman BoE. Setelah pengumuman BoE, pasangan matauang GBP/USD diperdagangkan di sekitar 1.3163.

Poundsterling Inggris mengalami tekanan jual yang berat karena BoE menganut nada yang berhati-hati dalam hal kenaikan tingkat bunga ke depannya.

BoE menaikkan tingkat suku bunganya sebesar 25 basis poin sebagaimana dengan yang telah diperkirakan. Namun di dalam pengambilan keputusan, secara mengejutkan ada satu anggota MPC, Cunliffe, yang menentang kenaikan tingkat bunga 25 bps pada hari Kamis sehingga pemungutan suara menghasilan 8 – 1. Hal ini berarti sudah ada perpindahan ke arah dovish dari sebelumnya hasil pemungutan suara adalah 4 : 3 dalam hal menaikkan tingkat bunga sebesar 50 basis poin.

Sementara dollar AS dan yields treasury AS turun, gagal mengkapitalisir hasil pengumuman dari the Fed yang hawkish.

Federal Reserve mengakhiri pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) nya dengan menaikkan tingkat suku bunga sebesar 25 basis poin untuk pertama kalinya sejak 2018, sesuai dengan yang diperkirakan pasar. Namun memberikan petunjuk yang hawkish yang memproyeksikan kenaikan tingkat bunga sebanyak 6 kali pada tahun 2022. Ini menunjukkan perubahan arah signifikan dari sebelumnya yang memproyeksikan kenaikan tingkat bunga sebanyak 3 kali. Nada yang lebih agresif jelas terlihat dari Powell yang mengatakan bahwa ekonomi AS bisa menangani kebijakan moneter yang lebih ketat sementara bank sentral AS ini fokus kepada melawan inflasi yang tinggi.

Pasangan matauang GBP/USD ini mengambil keuntungan dari melemahnya dollar AS bersamaan dengan turunnya yields treasury 10 tahun AS. Yields treasury 10 tahun AS turun 5.4 basis poin ke 2.13% berbalik dari level tertingginya sejak Mei 2019.

“Support” terdekat menunggu di 1.3050 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3000 dan kemudian 1.2950. “Resistance” terdekat menunggu di 1.3100 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3150 dan kemudian 1.3200.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.