Rekomendasi GBP/USD 24 Maret 2022: Ada Dalam Tekanan Bearish yang Baru

828
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Forex) GBP/USD berada dalam tekanan bearish yang baru pada awal perdagangan sesi Eropa dan mulai turun ke arah 1.3200. Data dari Inggris menunjukkan bahwa CPI tahunan Inggris melompat ke ketinggian selama 3 dekade di 6.2% pada bulan Februari dibandingkan dengan 5.5% pada bulan Januari. Pada sesi perdagangan selanjutnya di sesi AS, GBP/USD melanjutkan penurunannya sempat menembus support kunci 1.3200 dan diperdagangkan di sekitar 1.3197, sebelum akhirnya naik lagi ke 1.3210 dengan sedikit berkurangnya kekuatan USD.

Pada hari Rabu pagi, GBP/USD sebenarnya sempat naik mencapai level tertinggi dalam hampir 3 minggu di 1.3300, dengan pergerakan yang positip di dalam sentimen pasar telah membebani dollar AS sehingga GBP/USD memperoleh daya tariknya pada hari Selasa.

Namun dalam sesi perdagangan selanjutnya, GBP/USD kehilangan momentum bullish-nya setelah keluarnya data inflasi Inggris. Kalau saja pasangan matauang ini sanggup bertahan di atas 1.3250, para pembeli kemungkinan masih akan tertarik dengan pounsterling Inggris.

Data yang dipublikasikan oleh Office for National Statistics Inggris pada hari Selasa menunjukkan bahwa inflasi sebagaimana dengan yang diukur oleh Consumer Price Index (CPI) bulan Februari naik ke ketinggian selama 30 tahun yang baru di 6.2% per tahun dibandingkan dengan 5.5% pada bulan Januari. Angka yang keluar juga melewati perkiraan pasar di 5.9% sehingga menyebabkan GBP/USD tertekan turun ke bawah.

Bank of England (BOE) menganut nada yang relatif berhati-hati mengenai kenaikan tingkat bunga di masa yang akan datang setelah pertemuan kebijakan mereka yang terakhir. Reaksi pasar yang segera menunjukkan bahwa investor prihatin mengenai dampak negatip dari kenaikan harga terhadap aktifitas ekonomi.

“Support” terdekat menunggu di 1.3170 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3150 dan kemudian 1.3100. “Resistance” terdekat menunggu di 1.3250 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3300 dan kemudian 1.3350.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.