UPDATE Rekomendasi EUR/USD 22 April 2022: Melanjutkan Penurun Meskipun Data PMI UE Bagus

629
bursa eropa euro

(Vibiznews – Forex) EUR/USD tetap berada pada tekanan bearish yang baru pada awal perdagangan sesi Eropa hari Jumat pagi, diperdagangkan turun di sekitar 1.0800, di tengah munculnya keengganan terhadap resiko yang baru.

Meskipun data dari zona euro menunjukkan bahwa aktifitas bisnis sektor swasta berkembang dengan kecepatan yang kuat pada bulan April, indeks saham utama Eropa diperdagangkan di teritori negatip.

EUR/USD berbalik turun dengan tajam pada hari Kamis malam, setelah sebelumnya pada hari Kamis pagi sempat naik mencapai level terkuat selama lebih dari 1 minggu di 1.0937.  Dengan arus safe-haven terus mendominasi pasar keuangan pada hari Jumat pagi, pasangan matauang ini turun mendekati 1.0800.

Komentar yang hawkish dari para pembuat kebijakan di ECB telah memicu rally euro pada hari Kamis. Namun kondisi berbalik setelah Presiden ECB Lagarde menyampaikan pesannya dengan mengulangi komentarnya sebelumnya,”dalam kondisi sekarang dengan ketidakpastian yang tinggi, kita akan mempertahankan optionality, gradualism dan flexibility dalam kebijaksanaan moneter,”

Sementara kepala FOMC the Fed mengakui bahwa kenaikan tingkat bunga AS sebesar 50 bps sudah ada ditangan untuk dibawa pada pertemuan berikutnya dan menambahkan bahwa ekonomi AS sedang bagus dengan pasar tenaga kerja yang ketat.

Komentar dari Lagarde ditambah dengan komentar dari Powell telah membuat dollar AS mendapatkan kekuatan baru dan keuntungan mingguan EUR/USD habis lenyap.

“Support” terdekat menunggu di 1.0790  yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.0760 dan kemudian 1.0720. “Resistance” terdekat menunggu di 1.0850 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.0880 dan kemudian 1.0920.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido