UPDATE Rekomendasi EUR/USD 13 Januari 2023: Rebound di atas 1.0800 karena Melemahnya USD.

539

(Vibiznews – Forex) EUR/USD berhasil mengumpulkan momentum pemulihan dan naik ke atas 1.0800 di sekitar 1.0804, setelah sebelumnya sempat jatuh ke bawah 1.0800. Setelah keluarnya data ekonomi Consumer Confidence dari AS yang bagus, dollar AS kembali berada di bawah tekanan jual yang baru sehingga membantu pasangan matauang ini memperoleh kembali daya tariknya.

EUR/USD sempat turun ke bawah 1.0800 pada awal hari Jumat, setelah sempat menyentuh level tertinggi sejak bulan April di 1.0868 pada akhir hari Kamis.

Laporan inflasi AS yang sangat ditunggu-tunggu, Consumer Price Index (CPI) untuk bulan Desember muncul dengan angka inflasi 6.5% per tahun, yang adalah sesuai dengan yang diperkirakan.

Laporan bulan November menunjukkan angka inflasi tahunan sebesar 7.1%. Laporan inflasi AS bulan Desember ini berada pada kubu kebijakan moneter AS yang dovish dengan laporan ini menunjukkan bahwa inflasi AS telah mencapai puncaknya.

Angka CPI AS bulan Desember ini juga sesuai dengan spekulasi pasar bahwa Federal Reserve AS tidak perlu lagi untuk mengetatkan kebijakan moneternya dengan agresif.

Presiden Federal Reserve Bank of Philadelphia Patrick Harker mengatakan bahwa ini adalah waktunya untuk kenaikan tingkat bunga the Fed yang akan datang hanya 25 bps. Hal yang serupa dikatakan juga oleh Presiden Atlanta Federal Reserve Bank Raphael Bostic. Dia mengatakan puas dengan kenaikan 25 bps pada pertemuan berikutnya yang akan datang.

Sementara itu pembuat kebijakan European Central Bank (ECB) Martins Kazaks mengatakan bahwa tidak ada rasionalnya bagi pasar untuk bertaruh akan pemangkasan tingkat bunga dan mengatakan bahwa tingkat bunga harus naik jauh ke teritori restriktif.

Sementara the Fed diperkirakan secara luas akan melonggarkan kebijakan pengetatannya, para pembuat kebijakan ECB mencoba meyakinkan pasar akan komitmen mereka terhadap outlook yang hawkish dalam kenaikan tingkat bunga.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di 1.0800 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.0770 dan kemudian 1.0725. “Resistance” terdekat menunggu di 1.0900 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.0900 dan kemudian 1.0940.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido