Rekomendasi EUR/USD 5 Oktober 2023: Berbalik Naik di Tengah Melemahnya USD

431
bursa eropa euro

(Vibiznews – Forex) Pada jam perdagangan sesi Asia hari Kamis pagi, pasangan matauang EUR/USD meneruskan keuntungan yang telah diperoleh pada sesi sebelumnya pada jam perdagangan sesi AS hari Rabu malam, diperdagangkan di sekitar 1.0520.

Euro pulih dari kejatuhannya ke level terendah dalam hampir satu tahun terhadap dolar AS meskipun masih berjuang untuk bisa bertahan di atas 1.0500.

Naiknya EUR/USD didukung oleh karena melemahnya dolar AS karena munculnya data pekerjaan sektor swasta AS yang lebih lemah daripada yang diperkirakan setelah sebelumnya muncul data Purchasing Manager Index (PMI) jasa dari ISM yang juga lemah.

Data pekerjaan swasta AS yang lebih lemah daripada yang diperkirakan menurunkan ekspektasi kenaikan tingkat bunga Federal Reserve AS pada bulan November sehingga memicu koreksi tajam di dalam yields obligasi treasury AS secara luas dan membuat indeks dolar AS berbalik turun.

Menurut laporan ADP pada hari Rabu, sektor swasta AS hanya menambahkan 89.000 pekerjaan pada bulan September, turun dari revisi kenaikan 180.000 pada bulan Agustus dan jauh di bawah daripada yang diperkirakan sebesar 160.000.

Sementara PMI jasa AS dari ISM turun dari 54.5 ke 53.6 pada bulan September meskipun masih sesuai dengan yang diperkirakan.

Setelah keluarnya data makro ekonomi, pekerjaan sektor swasta dan PMI jasa AS, probabilita the Fed akan menaikan tingkat bunga pada bulan November turun ke 23% dari sebelumnya 31%. Pasar bahkan mulai meragukan mengenai ketangguhan ekonomi AS dan pandangan the Fed mengenai tingkat bunga yang lebih tinggi dalam jangka waktu yang lebih lama.

Dengan latar belakang fundamental di atas, dolar AS memperpanjang koreksinya selama tiga hari terhadap matauang utama dunia lainnya dan diperdagangkan di dekat 106.277 sementara yields obligasi treasury AS benchmark 10 tahun turun ke level 4.70%.

Data dari zona Euro menunjukkan bahwa Producer Price Index (PPI) naik 0.6% pada bulan Agustus sesuai dengan yang diperkirakan, sementara tingkat tahunan masuk tambah dalam ke teritori negatip dari – 7.6% ke – 11.5%.  Penjualan Ritel zona Euro terkontraksi 1.2% pada bulan Agustus, angka yang lebih buruk daripada yang diperkirakan pasar penurunan sebesar 0.3%.

Presiden European Central Bank (ECB) Christine Lagarde mengulangi bahwa tingkat bunga akan tetap berada pada level yang cukup restriktif sepanjang diperlukan.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di 1.0505 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.0480 dan kemudian 1.0430. “Resistance” terdekat menunggu di 1.0550  yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.0600 dan kemudian 1.0660.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.