Rekomendasi GBP/USD 1 Maret 2023: Rebound karena Optimisme Kesepakatan Brexit

593

(Vibiznews – Forex) Setelah mengalami konsolidasi pada jam perdagangan sesi Asia, GBP/USD berhasil mengumpulkan momentum bullish-nya dan naik ke atas 1.2100 di sekitar 1.2125.

Kenaikan dollar AS yang kurang meyakinkan menjelang keluarnya data “mid-tier” AS dan munculnya optimisme yang baru mengenai finalisasi kesepakatan Brexit yang baru antara Inggris dengan Uni Eropa telah membantu mendorong naik pasangan matauang GBP/USD.

Pada hari Senin, GBP/USD membukukan keuntungan yang kuat karena membaiknya sentimen pasar dan keluarnya data Durable Goods Orders AS bulan Januari yang mengecewakan yang menyebabkan dollar AS melemah terhadap rival – rival utamanya.

Sementara itu, Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak mengumumkan pada hari Senin malam bahwa mereka telah mencapai kesepakatan dengan Uni Eropa untuk menggantikan Protokol Irlandia Utara dengan the Windsor Framework.

Perdana Menteri Inggris Sunak juga mengatakan bahwa Anggota Parlemen Inggris akan mengadakan pemungutan suara mendukung kesepakatan Brexit yang baru dan akan menghormati hasil dari pemungutan suara. Reaksi awal dari pasar telah membantu naik pasangan matauang GBP/USD.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di 1.2100 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.2060  dan kemudian 1.2030. “Resistance” terdekat menunggu di 1.2150 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.2180  dan kemudian 1.2200.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.