Rekomendasi GBP/USD 23 Juni 2023: Turun ke Bawah 1.2750

391

(Vibiznews – Forex) Pada hari Kamis malam di jam perdangan sesi ASGBP/USD memperpanjang penurunan hariannya dan diperdagangkan di bawah 1.2750 di sekitar 1.2735 meskipun Bank of England (BoE) tanpa terduga menaikkan tingkat bunga sampai sebesar 50 bps.

Sentimen pasar yang berhati-hati dan komentar ketua FOMC the Fed Jerome Powell mengenai kebijakan moneter AS, membuat dolar AS menemukan pijakannya sehingga berhasil naik kembali, ke atas,

GBP/USD jatuh di bawah 1.2700 pada hari Rabu menghapus keuntungan hariannya pada perdagangan paruh ke dua. Pada awal hari Kamis, pasangan matauang ini tinggal tenang di sekitar 1.2750 sementara para investor sedang menunggu BoE mengumumkan keputusan kebijakan moneternya.

BoE menaikkan tingkat bunganya sebesar 50 bps sehingga menekan outlook ekonomi Inggris, dengan naiknya tingkat bunga akan bisa memperlambat pertumbuhan ekonomi. Pada dua minggu lalu Reserve Bank of Australia (RBA) dan Bank of Canada (BoC) secara mengejutkan menaikkan tingkat bunganya sebesar 25 bps. Minggu lalu, European Central Bank (ECB) juga menaikkan tingkat bunganya sebesar 25 bps ke level tertinggi dalam 22 tahun dan memberikan indikasi akan menaikkan tingkat bunganya lagi dalam rangka menurunkan inflasi.

Sementara itu, ketua Federal Reserve AS Jerome Powell mengakhiri testimoninya di depan Kongres AS dengan mempertahankan sikap netral, sambil mengulangi bahwa dua kenaikan tingkat bunga lagi pada tahun ini masih ada di dalam perencanaan the Fed.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di 1.2700 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.2640  dan kemudian 1.2600. “Resistance” terdekat menunggu di 1.2775 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.2800 dan kemudian 1.2830.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.