Harga Soft Commodities Semua Naik di Penutupan Pasar Akhir Minggu

835

(Vibiznews – Commodity) – Pada akhir minggu lalu harga soft commodities mengalami kenaikan karena di Brazil tidak ada kegiatan penjualan masih berlangsung pemilu Presiden putaran ke dua, laporan produksi di bawah perkiraan. Untuk gula cuaca kering masih berlangsung sehingga produksi kurang.

Harga kopi Desember naik 5 sen menjadi $122.10 per pound.
Harga kopi turun karena perdagangan speculatif karena penguatan dari kurs dolar.
Di Brazil masih disibukan dengan pemilu sehingga masih menanti pemilu putaran kedua, walaupun kandidat yang menang pada putaran pertama adalah kandidat kanan.

Penguatan produksi dari Brazil dan Vietnam masih membuat tekanan terhadap harga kopi, apalagi di Vietnam sudah dekat dengan panen besar. Total persediaan kopi 2.424 juta kantong.

Cuaca di Brazil sudah hujan tidak merata di Columbia, Amerika Tengah dan Mexico turun hujan demikian juga di Vietnam.
Analisa tehnikal support di $120 kemudian ke $117 sedangkan resistant pertama di $125 kemudian ke $127.

Harga gula Maret naik 2 sen menjadi $13.89 per pound.

Harga gula naik karena berkurangnya penjualan dari Brazil karena masih mengadakan pemilu putaran kedua. Karena menguatnya real Brazil terhadap USD maka harga gula Brazil menjadi lebih mahal sehingga permintaan lebih sedikit.
Namun karena perkiraan produksi dunia meningkat menyebabkan kenaikan harga gula tidak dapat berlanjut dan harga gula cenderung turun. Kenyataan yang terjadi penjualan gula di India terbatas, dan juga di Brazil lebih banyak tebu dibuat etanol dari pada gula.

Cuaca kering masih berlanjut di Uni Eropa dan Rusia sedangkan Ukraina cuaca baik demikian juga di Thailand. Di Brazil hujan sudah menurun tidak merata dan suhunya mendekati normal.

Analisa tehnikal support pertama di $13.50 berikut ke $13.20 sedangkan resistant berada di $13.90 dan berikut ke $14.20.

Harga kakao Desember naik $17 menjadi $2,162 per ton.
Panen besar akan berlangsung di Afrika Barat, baru sebagian kecil panen terjadi di Afrika Barat, produksi panen yang besar di Ivory Coast. Ghana dan Nigeria juga menghasilkan panen yang besar pada tahun ini. Di Ghana cuaca buruk menghalangi panen pada minggu ini, sehingga produksinya berkurang. Di Asia dan Afrika Timur juga cuaca baik.
Hujan turun tidak merata di Afrika Barat dengan curah hujan yang tinggi dan suhu rata-rata di bawah normal. Sementara di Indonesia dan Malaysia sering turun hujan. Suhu diatas normal.
Persediaan menurut ICE sebesar 3.970 juta kantong

Analisa tehnikal support di $2,130 kemudian ke $2,110 sedangkan resistant pertama di $2,240 dan berikut ke $2,280.

Loni T / Analyst Vibiz Research Centre – Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here