Rekomendasi EUR/USD 24 Agustus 2022:Naik Seteleh Data PMI AS Mengecewakan

895

(Vibiznews – Forex) EUR/USD berhasil mengumpulkan momentum pemulihannya dan naik ke arah pariti pada awal perdagangan sesi AS setelah data ekonomi dari AS menunjukkan bahwa aktifitas bisnis di sektor swasta terus mengalami kontraksi pada bulan Agustus sementara tekanan harga melemah.

Sebelumnya pada hari Selasa pasangan matauang EUR/USD sempat turun ke kerendahan beberapa tahun di 0.9898 namun selanjutnya berhasil naik kembali ke 0.9910 dan sekarang diperdagangkan ke arah pariti di sekitar 0.9970.

Matauang bersama Eropa sempat berada di bawah tekanan jual setelah S&P Global pada jam perdagangan sesi Eropa dalam perkiraan sementaranya melaporkan aktifitas bisnis di seluruh Uni Eropa terkontraksi untuk bulan kedua berturut-turut pada bulan Agustus.

PMI Jerman sedikit lebih baik daripada yang diperkirakan, walaupun masih menunjukkan ekonomi yang terkontraks. Indeks jasa Jerman turun dari 49.7 di bulan Juli ke 48.2, sementara PMI manufaktur berada di 49.8. Penurunan PMI Jerman disebabkan oleh kombinasi beberapa faktor termasuk ketidakpastian, inflasi yang tinggi dan naiknya tingkat bunga, yang mana semua faktor tersebut membebani permintaan. Angka Uni Eropa sedikit lebih baik daripada yang diperkirakan namun masih merefleksikan kontraksi ekonomi.

Sementara pasar saham memperpanjang rute bearish mereka. Saham – saham Asia turun tajam demikian juga dengan indeks saham Eropa, meskipun kerugian indeks saham Eropa masih lebih terbatas. Wall Street juga turun pada saat pembukaan yang menunjukkan hari yang buruk lagi bagi assets dengan “high-yielding”.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di 0.9900 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 0.9840 dan kemudian 0.9800. “Resistance” terdekat menunggu di 0.9995 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.0050 dan kemudian 1.0080.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido