Rekomendasi EUR/USD 26 Agustus 2022: Kehilangan Keuntungan Hariannya.

821

(Vibiznews – Forex) EUR/USD kehilangan daya tariknya setelah sebelumnya sempat berhasil naik mengetes pariti selama jam perdagangan sesi AS dan turun ke bawah 0.9970 di sekitar 0.9960. Indeks dollar AS yang sempat jatuh karena komentar the Fed yang hawkish pada awal hari, pada jam perdagangan selanjutnya berhasil menghapus kerugian hariannya, sehingga memaksa pasangan matauang EUR/USD tetap berada di bawah.

Pada awal perdagangan hari Kamis, pasangan matauang EUR/USD sempat naik ke puncaknya di 1.0032, namun tidak dapat mempertahankan posisinya di atas pariti dan dengan cepat turun ke zona harga sekarang di 0.9953. Sentimen pasar berbalik menjadi lebih baik menjelang Simposium Ekonomi the Fed di Jackson Hole, namun tidak cukup kuat untuk mendorong naik matauang bersama Eropa ke posisi yang lebih tinggi lagi, bahkan dengan sudah keluarnya data ekonomi Jerman yang baik sekalipun.

Jerman melaporkan bahwa GDP Q2 naik 1.7% YoY yang adalah lebih baik daripada yang diperkirakan di 1.4%. Secara kuartalan naik 0.1%, revisi dari sebelumnya di 0%. Selain itu, survey IFO bulan Agustus menunjukkan Business Climate mencapai 88.5, lebih baik daripada yang diperkirakan 86.5. Eksptektasi dan Assesment dari situasi saat ini lebih baik daripada yang diperkirakan.

ECB merilis risalah pertemuannya yang terbaru yang menunjukkan bahwa sangat besarnya anggota Dewan yang Mengatur yang setuju untuk menaikkan tingkat bunga sebesar 50 bps.

Dolar AS mulai mendapatkan pijakannya menjelang keluarnya data ekonomi AS dan memperpanjang keuntungannya setelahnya karena keluarnya data ekonomi AS yang bagus.

AS mempublikasikan perkiraan kedua dari GDP kuartal ke dua, yang direvisi naik dari – 0.9% menjadi – 0.6%. Selain itu, Initial Jobless Claims untuk minggu yang berakhir tanggal 19 Agustus turun menjadi 243.000 mengalahkan ekspektasi pasar.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di 0.9930 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 0.9900 dan kemudian 0.9840. “Resistance” terdekat menunggu di 1.0010 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.0050 dan kemudian 1.0105.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido