Rekomendasi GBP/USD 26 Agustus 2022: Berbalik Turun karena Naiknya USD

807

(Vibiznews – Forex) GBP/USD berbalik arah setelah sempat jatuh ke bawah 1.1800 pada awal perdagangan sesi AS dan mulai naik ke atas 1.1800 di sekitar 1.1865. Melemahnya kembali dollar AS dan membaiknya sentimen pasar karena komentar dari the Fed yang dovish kelihatannya telah memicu kenaikan pasangan matauang ini.

Menurut Resolution Foundation, “think tank” nya Inggris, Perdana Menteri Inggris yang baru nantinya harus bisa mengambil ide-ide radikal seperti mendiskonto tarif energi (power), membekukan undang – undang energi atau suatu kenaikan pajak solidaritas, untuk menunjang goncangan akibat harga energi terhadap rumah tangga secara luas.

Sebaliknya indeks dollar AS (DXY) memulai hari Rabu dengan pijakan yang lebih kuat sebelum akhirnya turun ke arah 108.50, turun 0.15% terakhir, dengan saham – saham membiarkan terjadinya penurunan di tengah tidak adanya data ekonomi AS yang kuat.

Hal lain yang menambah tekanan turun terhadap indeks dollar AS adalah tidak adanya kesepakatan di antara para pembicara the Fed yang terbaru dan pasar membicarakan bahwa the Fed kemungkinan akan mengulangi ketakutan ekonominya dan kemungkinan akan menahan diri untuk tidak terlalu hawkish komentarnya di Simposium Jackson Hole nantinya.

Namun dalam jam perdagangan sesi AS selanjutnya GBP/USD berbalik turun dan diperdagangkan di sekitar 1.1816 dengan menguatnya kembali USD karena keluarnya data-data makro ekonomi AS yang bagus.

AS mempublikasikan perkiraan kedua dari GDP kuartal ke dua, yang direvisi naik dari – 0.9% menjadi – 0.6%. Selain itu, Initial Jobless Claims untuk minggu yang berakhir tanggal 19 Agustus turun menjadi 243.000 mengalahkan ekspektasi pasar.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di 1.1790 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1768 dan kemudian 1.1730. “Resistance” terdekat menunggu di 1.1850 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1880 dan kemudian 1.1900.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido