Rekomendasi GBP/USD 28 September 2022: Jatuh karena Menguatnya Kembali USD

575

(Vibiznews – Forex) GBP/USD  melepaskan sebagian dari keuntungan hariannya pada paruh kedua perdagangan hari Selasa dan jatuh ke bawah 1.0750 di sekitar 1.0740. Bagusnya data consumer confidence dari AS kelihatannya telah memberikan dorongan naik terhadap dollar AS dan membebani pasangan matauang ini, meskipun ada komentar yang hawkish dari Bank of England (BoE).

CB Consumer Confidence AS muncul membaik naik ke 103.2 dari sebelumnya di 95.3. Selain itu angka 103.2 ini masih jauh lebih baik daripada angka di perkirakan di 99.40.

Pada awalnya GBP/USD berhasil naik dari kerendahan sepanjang waktu yang menyentuh 1.0340 pada permulaan minggu perdagangan yang baru. Pasangan matauang ini sempat naik hampir 1% dalam sehari ke 1.0800 namun perlu dukungan dari BoE untuk bisa melanjutkan rebound-nya.

Setelah Poundsterling Inggris terdepresiasi secara signifikan, BoE merilis pernyataan pada akhir hari Senin dengan mengatakan bahwa mereka memonitor perkembangan di pasar keuangan dengan seksama. BoE menambahkan bahwa mereka tidak akan ragu – ragu untuk menaikkan tingkat bunga sebanyak yang diperlukan untuk mengembalikan inflasi ke target 2%. Namun pada saat yang bersamaan, bank sentral Inggris ini juga mengatakan bahwa mereka menyambut komitmen pemerintah untuk membuat pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan yang menyebabkan GBP jatuh tajam.

Amerika Serikat merilis data ekonomi, Durable Goods Orders bulan Agustus yang terkontraksi sebesar 0.2% dalam sebulan, lebih baik dari yang diperkirakan terkontraksi sebesar 0.4%. Sementara itu angka inti, Nondefense Capital Goods Orders ex Aircraft, muncul lebih baik daripada yang diperkirakan, naik 1.3%.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di 1.0700 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.0600 dan kemudian 1.0500. “Resistance” terdekat menunggu di 1.0790 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.0900 dan kemudian 1.0970.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido