Rekomendasi EUR/USD 7 Maret 2023: Berbalik Naik karena Sentimen Membaik

782

(Vibiznews – Forex) EUR/USD sempat diperdagangkan di bawah,  sedikit di atas 1.0650 di sekitar 1.0658, pada awal jam perdagangan sesi AS hari Senin dengan Euro berjuang untuk mendapatkan permintaan setelah keluarnya data ekonomi zona Eropa yang lemah.

Namun pada jam perdagangan AS selanjutnya EUR/USD menguat dan diperdagangkan di sekitar 1.0682 karena sentimen terhadap resiko menjadi positip sehingga membebani dollar AS dan menyebabkan EUR/USD berbalik naik.

Sentix Investor Confidence pada bulan Maret turun – 11 dari sebelumnya – 8. Selain itu angka penjualan ritel zona Euro hanya naik 0.3% pada bulan Februari, meleset dari yang diperkirakan pasar sebesar 1%.

Ketua the Fed Jerome Powell akan memberikan testimoni di depan Kongres AS pada hari Selasa dan Rabu di depan Komite yang berbeda. Perkataannya akan diamati dengan seksama oleh pasar.

Sebelumnya pada pertemuan bank sentral AS yang terakhir, Powell mengatakan bahwa proses disinflasi sudah dimulai. Namun, angka – angka makro ekonomi sesudahnya menunjukkan bahwa tekanan harga masih tetap membuat sakit kepala para pembuat kebijakan moneter.

Beberapa bank sentral juga akan mengumumkan keputusan kebijakan moneternya pada minggu ini termasuk the Reserve Bank of Australia, the Bank of Canada and the Bank of Japan. Akhirnya pada hari Jumat, AS akan mempublikasikan laporan Nonfarm Payrolls bulan Februari.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di 1.0665 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.0627 dan kemudian 1.0515. “Resistance” terdekat menunggu di 1.0700  yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.0745 dan kemudian 1.0800.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido