Rekomendasi EUR/USD 21 Maret 2023: Diperdagangkan di Teritori Positip di Atas 1.0700.

617

1.0710 meskipun turun sedikit pada awal jam perdagangan sesi AS hari Senin. Presiden ECB Lagarde mengulangi bahwa inflasi di zona Euro diperkirakan akan tetap tinggi untuk waktu yang sangat lama. Hal ini membantu Euro mendapatkan pijakannya.

Pasar keuangan memulai minggu perdagangan yang baru dengan optimisme yang berhati-hati. Arus resiko mendominasi pasar pada awal perdagangan sesi Asia dengan pasar bereaksi terhadap berita bahwa UBS Group AG telah setuju untuk membeli Credit Suisse Group AG.

Terlebih penting lagi, the Fed membuka daily swaps ke to the Bank of Canada (BoC), the Bank of Japan (BoJ), the Swiss National Bank (SNB) and European Central Bank (ECB) untuk menyediakan likuiditas tambahan apabila diperlukan.

Dampak yang positip dari perkembangan di atas terhadap sentiment pasar tetap tidak berlangsung lama. Penurunan tajam di dalam yields obligasi treasury AS menunjukkan bahwa investor sedang menghitung ulang dalam harga outlook kebijakan dari the Fed. Menurut the CME Group FedWatch Tool, probabilita kenaikan tingkat bunga sebesar 25 bps pada hari Rabu, turun di bawah dari 50%.

Jerman mempublikasikan Producer Price Index (PPI) bulan Februari yang naik dengan kecepatan per tahun sebesar 15.8%, lebih tinggi daripada yang diperkirakan sebesar 12.4%. Angka bulanan turun 0.3%, lebih tinggi daripada penurunan sebesar 0.5% yang diperkirakan pasar.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di 1.0685 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.0640 dan kemudian 1.0600. “Resistance” terdekat menunggu di 1.0745  yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.0790 dan kemudian 1.0825.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido