Rekomendasi GBP/USD 5 Mei 2023: Naik ke Arah 1.2600 Setelah FOMC

661

(Vibiznews – Forex) GBP/USD sempat naik ke ketinggian satu tahun di 1.2590 setelah selesainya pertemuan FOMC the Fed yang membuat dollar AS tertekan turun, sebelum akhirnya terkoreksi normal turun kembali ke sekitar 1.2567 pada awal jam perdagangan sesi AS. Namun pada jam perdagangan sesi AS selanjutnya, GBP/USD kembali naik ke arah 1.2600 di sekitar 1.2590 karena ekspektasi akan terus melemahnya dollar AS ke depannya.

Dollar AS tetap berada di bawah tekanan turun setelah selesai pertemuan FOMC the Fed yang menaikkan tingkat suku bunganya sebesar 25 bps. Melemahnya dollar AS kelihatannya karena ada persepsi bahwa the Fed sudah selesai dengan kenaikan tingkat suku bunganya dan bahkan akan menurunkan tingkat suku bunganya di kuartal ketiga.

Bank sentral AS menaikkan tingkat suku bunga kuncinya sebesar 25 bps menjadi 5.25% pada hari Rabu malam waktu AS, sesuai dengan yang telah diperkirakan secara luas, namun membuat perubahan di dalam bahasa setelah keputusan yang memberikan petunjuk bahwa the Fed kemungkinan akan menahan diri untuk tidak menaikkan tingkat bunganya lebih lanjut ke depannya.

Keengganan terhadap resiko meningkat pada akhir minggu menyusul kenaikan tingkat bunga berikutnya oleh Federal Reserve AS pada hari Rabu malam kemarin. Kenaikan tingkat bunga sebesar 25 bps ini sudah diperkirakan secara luas akan terjadi, namun hal ini menambah kesulitan kepada sistem perbankan AS yang sebagian sedang goyah.

Laporan – laporan mengatakan bahwa saat ini PacWest Bancorp, bank pemberi pinjaman yang berbasis di California sedang menghadapi masalah. Harga sahamnya turun 60% dalam perdagangan pada hari Rabu dan sedang dipertimbangkan untuk dijual. Sekalipun Pac West jauh lebih kecil di dalam ukurannya dibandingkan dengan Silicon Valley Bank dan First Republic Bank yang telah tumbang lebih dulu, namun berita ini membuat kekacauan perbankan AS menjadi berita utama di pasar dan membuat para trader dan investor gelisah.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di 1.2550 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.2500  dan kemudian 1.2440. “Resistance” terdekat menunggu di 1.2580 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.2600 dan kemudian 1.2650.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.