Rekomendasi EUR/USD 9 Mei 2023: Turun ke Arah 1.1000 karena Pulihnya USD

1249

(Vibiznews – Forex) EUR/USD kehilangan daya tariknya dan turun ke arah 1.1000 di sekitar 1.1006 pada jam perdagangan sesi AS hari Senin. Sikap pasar yang berhati-hati kelihatannya telah membantu dollar AS membatasi kerugiannya dan menyebabkan pasangan matauang ini bergerak turun.

Pasangan matauang EUR/USD pada awalnya, menjelang pembukaan perdagangan sesi AS hari Senin, mempertahankan kecenderungan bullish-nya dan diperdagangkan di sekitar 1.1040. Pasar keuangan mencoba menilai keputusan bank sentral utama dunia baru-baru ini. Federal Reserve AS (the Fed) dan European Central Bank (ECB) menaikkan tingkat bunga benchmark mereka, masing – masing sebesar 25 bps pada minggu lalu.

Bank sentral AS menaikkan tingkat suku bunga kuncinya sebesar 25 bps menjadi 5.25% pada hari Rabu malam waktu AS, sesuai dengan yang telah diperkirakan secara luas, namun membuat perubahan di dalam bahasa setelah keputusan yang memberikan petunjuk bahwa the Fed kemungkinan akan menahan diri untuk tidak menaikkan tingkat bunganya lebih lanjut ke depannya.

Sementara European Central Bank (ECB) menaikkan tingkat suku bunga kuncinya sebesar 25 bps sesuai dengan yang diperkirakan. Tidak ada kejutan dalam hal ini karena pasar sudah memperhitungkan dalam harga kenaikan tingkat bunga sebesar 25 bps sebelumnya. ECB juga mengatakan bahwa keputusan kebijakan kedepannya akan terus di dasarkan kepada assessment terhadap outlook inflasi, dengan mempertimbangkan data ekonomi dan keuangan yang keluar, dan dinamika dari underlying inflasi serta kekuatan dari transmisi kebijakan moneter.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di 1.0985 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.0940 dan kemudian 1.0890. “Resistance” terdekat menunggu di 1.1060  yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1100 dan kemudian 1.1160.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.