Rekomendasi GBP/USD 22 Mei 2023: Berhasil Bertahan di Atas 1.2430 karena USD Melemah

521

(Vibiznews – Forex) GBP/USD naik dari kerendahan tiga minggu di level 1.2400 yang tersentuh pada hari sebelumnya dan diperdagangkan di 1.2439 dalam perdagangan sesi AS, pada hari Jumat minggu lalu, dengan dollar AS berbalik turun setelah keluar komentar dari Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell. Powell mengulangi bahwa inflasi tetap tinggi namun ia menyebutkan juga bahwa tekanan kredit telah mengurangi tekanan terhadap kenaikan tingkat suku bunga.

Powell mengatakan bahwa tingkat bunga kemungkinan tidak harus naik banyak lagi karena kondisi kredit yang ketat setelah terjadinya kekacauan di sektor perbankan AS. Sebagai akibatnya kebijakan tingkat bunga the Fed mungkin tidak perlu naik banyak lagi.

Powell menyinggung kepada fakta bahwa ia akan membalikkan kemudi dan menerapkan perhentian kenaikan tingkat bunga yang pertama sejak dimulainya kenaikan tingkat bunga pada Maret 2022. Berbicara di Konferensi Fed di Washington D.C, Powell mengatakan bahwa tingkat bunga kunci bank sentral AS ini sekarang sudah naik tinggi sampai kepada titik dimana mempengaruhi pinjaman terhadap konsumen dan bisnis yang cukup tinggi yang membuat peminjaman dan belanja tertahan, dan pertumbuhan eknomi terkontraksi.

Ini adalah tanda bahwa the Fed akan bisa berhenti menaikkan tingkat bunga pada bulan Juni. Menurut CME FedWatch Tool, setelah komentar dari Powell, ekspektasi pasar akan kenaikan tingkat bunga di bulan Juni turun hampir 50% menjadi tinggal hanya 20%.

Pada hari Kamis, pasangan matauang GBP/USD mengalami tekanan jual yang baru dan turun ke bawah 1.2450 selama paruh pertama jam perdagangan sesi Eropa, menyentuh kerendahan selama tiga minggu. Dolar AS memperpanjang kenaikannya untuk ketiga kalinya berturut-turut, lompat ke ketinggian selama hampir dua bulan sehingga menekan turun GBP/USD.

Optimisme terbaru mengenai akan dinaikkannya batas hutang AS dan ekspektasi bahwa the Fed akan mempertahankan tingkat bunga naik untuk waktu yang lebih lama, menopang dolar AS.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di 1.2400 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.2370  dan kemudian 1.2300. “Resistance” terdekat menunggu di 1.2500 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.2530 dan kemudian 1.2600.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.