Rekomendasi EUR/USD 27 Juni 2023: Stabil di Sekitar 1.0900 Jelang Pidato Lagarde

722

(Vibiznews – Forex) EUR/USD terus berfluktuasi di dalam rentang harga harian yang sempit di sekitar 1.0900 pada hari Senin. Sentimen pasar yang berhati-hati sebagaimana yang direfleksikan oleh pembukaan perdagangan saham di Wall Street yang bervariasi, membatasi naiknya EUR/USD.

Para investor mengambil sikap berhati-hati sementara para bank sentral utama dunia terus memerangi inflasi dengan menaikkan tingkat bunga namun dipercaya akan segera menghentikan kenaikannya dan malah bergerak ke arah yang berlawanan.

Para bankir dari bank sentral – bank sentral utama dunia sedang berkumpul di Portugal, menghadiri acara Forum mengenai Bank Sentral dari European Central Bank (ECB). Presiden ECB Christine Lagarde akan membawakan pesan pembukaan selama jam AS. Pada hari Rabu, beberapa ketua bank sentral, termasuk dari Federal Reserve AS, Jerome Powell, Bank of England (BoE) Andrew Bailey dan Bank of Japan (BoJ) Kazuo Ueda, akan berpartisipasi dalam diskusi panel yang akan bisa memberikan petunjuk yang baru mengenai kebijakan moneter dari para bank sentral utama dunia.

Sementara itu, dari AS dan Eropa akan diberikan update mengenai data inflasi pada minggu ini, yang akan bisa memicu spekulasi mengenai apa yang akan para bank sentral lakukan ke depannya dan bagaimana tindakan dari para bank sentral ini akan berdampak terhadap progress ekonomi global.

Dolar AS melemah terhadap kebanyakan rival utamanya pada permulaan minggu yang sepi. Euro mengatasi dolar AS meskipun data ekonomi yang keluar dari Jerman lemah. Survei IFO bulan Juni menunjukkan bahwa Business Climate Jerman terkontraksi lebih daripada yang diperkirakan, jatuh ke 88.5 dari sebelumnya 91.5.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di 1.0870 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.0820 dan kemudian 1.0780. “Resistance” terdekat menunggu di 1.0940  yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.0995 dan kemudian 1.1020. .

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.