Rekomendasi GBP/USD 18 Agustus 2023: Turun dari Ketinggian Mingguan

566

(Vibiznews – Forex) GBP/USD turun ke bawah 1.2750 di sekitar 1.2735 setelah sebelumnya sempat naik menyentuh level tertinggi dalam satu minggu di atas 1.2780.

Pergerakan ke sentimen yang negatip terhadap resiko pada paruh ke dua perdagangan membuat dolar AS menemukan permintaannya sebagai asset yang lebih aman sehingga menekan pasangan matauang GBP/USD turun dan kehilangan keuntungan hariannya. Indeks dolar AS naik 0.12% ke 103.439.

Dolar AS mengambil keuntungan dari sentimen yang enggan terhadap resiko dan nada yang hawkish di dalam risalah pertemuan FOMC the Fed yang dikeluarkan pada hari Kamis dinihari.

Risalah pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) the Fed bulan Juli yang dirilis Rabu menyatakan pejabat Federal Reserve prihatin tentang laju inflasi dan mengatakan mungkin lebih banyak kenaikan suku bunga diperlukan di masa depan kecuali jika kondisi berubah.

Diskusi menunjukkan bahwa sebagian besar anggota khawatir bahwa pertarungan inflasi masih jauh dari selesai dan memerlukan tindakan pengetatan tambahan dari Komite Pasar Terbuka Federal yang menetapkan suku bunga.

“Dengan inflasi yang masih jauh di atas tujuan jangka panjang Komite dan pasar tenaga kerja tetap ketat, sebagian besar peserta terus melihat risiko kenaikan yang signifikan terhadap inflasi, yang dapat memerlukan pengetatan kebijakan moneter lebih lanjut,” kata ringkasan pertemuan tersebut.

Support & Resistance 

“Support” terdekat menunggu di 1.2700 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.2650  dan kemudian 1.2615. “Resistance” terdekat menunggu di 1.2750 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.2770 dan kemudian 1.2800. 

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.