Rekomendasi EUR/USD 16 – 20 Oktober 2023: Turun ke Arah 1.0500 dengan Menguatnya USD

726

(Vibiznews – Forex) EUR/USD kehilangan daya tariknya dan turun ke arah 1.0500 di 1.0506 pada jam perdagangan sesi AS hari Jumat minggu lalu.

Naiknya ekspektasi akan inflasi sebagaimana dengan yang terlihat di dalam survey UoM Consumer Sentiment AS dan sikap pasar yang berhati – hati membantu dolar AS terus menemukan permintaannya dan membebani pasangan matauang EUR/USD pada hari terakhir perdagangan minggu lalu.

Angka pendahuluan Consumer Sentiment Index dari University of Michigan (UoM) bulan Oktober turun ke 63.0, turun dari angka bulan September di 68.1. Angka yang keluar ini juga lebih rendah secara signifikan dari yang diperkirakan di 67.2.

Pasangan matauang EUR/USD turun setelah sempat naik sebentar ke dekat 1.0550 pada jam perdagangan sesi Eropa. EUR/USD mengalami tekanan jual yang berat dengan daya tarik dolar AS membaik di tengah mendalamnya ketegangan di Timur Tengah dan meningkatnya ekspektasi akan satu kali lagi kenaikan tingkat bunga oleh Federal Reserve AS pada akhir tahun ini.

Menguatnya kembali dolar AS setelah menemukan tahanan intermediate di dekat 105.50 memberikan tekanan turun terhadap pasangan matauang EUR/USD. Indeks dolar AS naik 0.08% ke 106.450 dengan para investor berbalik berhati-hati setelah keluarnya data survey UoM Consumer Sentiment AS.

Dolar AS pulih dengan kuat dan diperkirakan akan melanjutkan kenaikannya dengan ekonomi AS tetap tangguh, tidak seperti perekonomian negara lainnya, yang sedang berjuang untuk bisa mengatasi konsekwensi dari dinaikkannya tingkat bunga oleh para bank sentral.

Sementara itu, European Central Bank (ECB) diperkirakan akan tetap mempertahankan tingkat bunganya tidak berubah pada bulan November dengan ekonomi di zona euro sedang menghadapi isu prospek ekonomi yang buruk. Untuk mengamankan perekonomian dari perlambatan, ECB diperkirakan akan mempertahankan tingkat bunganya tetap tidak berubah di 4.5%.

Inflasi di zona euro masih tetap tinggi. Pada hari Rabu Jerman mengkonfirmasikan bahwa Harmonized Index of Consumer Prices (HICP) berada pada 4.3% YoY. Sementara pada minggu ini Uni Eropa akan melaporkan angka HICP nya yang diperkirakan angka inti akan muncul di 4.5%.

Selain itu, pada minggu ini, kalender makro ekonomi akan mengeluarkan angka Penjualan Ritel AS pada hari Selasa dan Survey Economic Sentiment ZEW Jerman. Highlight yang penting lainnya pada minggu ini adalah pidato dari ketua Federal Reserve AS Jerome Powell yang akan berbicara di Economic Club of New York pada hari Kamis.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di 1.0447 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.0400 dan kemudian 1.0340. “Resistance” terdekat menunggu di 1.0580  yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.0640 dan kemudian 1.0700.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.