Rekomendasi Minyak 6 Februari 2024: Berhasil Naik Kembali Setelah Sempat Turun

155
harga minyak mentah

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex, pada jam perdagangan sesi AS hari Senin, sempat melanjutkan penurunannya dan diperdagangkan di sekitar $71.53 per barel, sebelum akhirnya berhasil naik kembali ke $72.93 per barel.

Sempat turunnya harga minyak mentah WTI pada hari Senin ini adalah yang penurunan selama empat hari berturut-turut ke kerendahan selama tiga minggu.

Data pekerjaan AS yang dirilis pada hari Jumat minggu lalu yang lebih kuat daripada yang diperkirakan menunjukkan bahwa ekonomi AS kemungkinan masih terlalu panas untuk Federal Reserve AS (the Fed) mulai menurunkan tingkat bunganya.

Hal ini selanjutnya menjadi faktor yang mendukung kuatnya dolar AS dan terbukti menjadi faktor kunci yang merusak permintaan bagi komoditi yang berdenominasikan dolar AS, termasuk harga minyak mentah.

Namun penurunan harga minyak mentah tidak dapat berlangsung lama. Harga minyak mentah segera berbalik naik di tengah meningkatnya ketegangan di Timur Tengah. Ketegangan geopolitik di Timur Tengah meningkat dengan AS dan Inggris mengadakan serangan udara baru terhadap kelompok militan Houthi yang didukung oleh Iran di Yaman pada hari Sabtu minggu lalu.

Serangan yang terbaru ini adalah sebagai respon terhadap serangan drone yang mengakibatkan kematian dari tiga anggota layanan AS di Yordania. Sebagai pembalasannya, pemberontak Houthi Yaman bersumpah untuk memperluas operasi militer mereka.

Ketakutan akan eskalasi di dalam ketegangan geopolitik di Timur Tengah kembali naik setelah laporan – laporan mengatakan bahwa Hamas bersiap untuk menolak kesepakatan gencatan senjata Jalur Gaza yang diusulkan di Paris.

Sementara itu, pasar hanya bereaksi sedikit terhadap serangan drone Ukraina terhadap penyulingan minyak mentah terbesar di Rusia Selatan pada hari Sabtu dengan supply minyak mentah global sebagian besar tetap tidak terdampak.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $71.17 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $70.17 dan kemudian $68.52. “Resistance” yang terdekat menunggu di $73.83 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $75.48 dan kemudian $76.48.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.