EUR/USD Naik Diatas 1.1200 Ditengah Melemahnya USD

498

(Vibiznews-Forex) EUR/USD diperdagangkan diatas 1.1200, mengambil kembali sebagian dari kerugian terdahulu. Sebelumnya, para pejabat ECB menyatakan keprihatinan terhadap pertumbuhan ekonomi global yang mana akan dibicarakan oleh Presiden ECB Draghi nantinya. Sementara itu ketegangan meningkat menjelang keputusan dari the Fed.

EUR/USD mencoba untuk menyembuhkan lukanya dan berusaha pulih dari dua pukulan, namun sebegitu jauh hanya berhasil sedikit, dan diperdagangkan disekitar 1.1200.

Tekanan turun yang pertama datang dari laporan penjualan eceran AS yang bagus. Para konsumen di negara dengan perekonomian terbesar di dunia ini menghabiskan uangnya untuk berbelanja lebih daripada yang diperkirakan pada bulan Mei, dengan penjualan eceran yang paling penting dari “control group” naik sebanyak 0.5%. Terlebih lagi, data yang kuat dari bulan yang lalu muncul dengan revisi naik untuk bulan April. Perkiraan pertumbuhan GDP untuk kuartal kedua telah direvisi naik baik oleh para pejabat secara resmi maupun oleh para ahli proyeksi dari pihak swasta. Sementara konsumsi adalah hal yang kritikal bagi ekonomi AS.

Terpenting lagi, data yang bagus tersebut memcu revisi terhadap ekspektasi yang “dovish” untuk keputusan dari Federal Reserve pada hari Rabu. Dengan demikian pasar memperkirakan pemangkasan suku bunga baru akan terjadi paling cepat pada bulan Juli. Federal Reserve tidak mungkin cepat-cepat untuk menstimulir ekonomi yang kelihatannya membakar semua mesin.

Reaksi dolar AS terhadap angka tersebut lambat namun pasti, mengirim EUR/USD ke 1.1200 pada akhir dari minggu yang penuh goncangan.

Wakil presiden ECB Luis de Guindon berkata bahwa ECB akan bertindak pada saat ekspektasi inflasi menurun. Pejabat bank yang lain yang biasanya menahan berkata-kata, Benoit Coeure mengatakan bahwa pasar memberikan tanda kebocoran dan bahwa resiko bisa menjadi material.

Secara tehnikal, “support” awal menunggu di 1.1200 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1145 dan kemudian 1.1107. Sementara “resistance” awal menunggu di 1.1270 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1290 dan kemudian 1.1310.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here