Rekomendasi EUR/USD 21 Februari 2023: Berjuang untuk Naik Menembus 1.0700

641

(Vibiznews – Forex) Setelah sempat mengalami rebound pada jam perdagangan sesi Asia hari Senin, EUR/USD kehilangan daya tariknya dan turun ke bawah 1.0700 di sekitar 1.0685.

Sentimen pasar yang berhati – hati di tengah meningkatnya ketegangan geopolitik telah membantu dollar AS mempertahankan pijakannya.

Dollar AS memulai minggu perdagangan yang baru dengan kenaikan menghadapi kebanyakan rival utamanya karena berita – berita mengenai ketegangan geopolitik dari sejak akhir minggu lalu.

Ketegangan antara AS dengan Cina mengenai penembakan balon pada awal bulan ini berlanjut dengan diplomat top AS Anthony Blinken mengatakan bahwa perbuatan Cina sebagai tindakan yang tidak bertanggung jawab sementara pejabat Cina mengatakan bahwa reaksi AS adalah histerikal.

Sementara itu, Korea Utara menembakkan misil balistik interkontinental pada hari Sabtu yang mendarat di Laut Jepang. Terakhir, Presiden AS Joe Biden tiba di Ukraina di dalam kunjungan yang mengejutkan ke Kyiv untuk mengumumkan tambahan persediaan senjata.

Zona Euro mempublikasikan Construction Output bulan Desember yang terkontraksi 1.3% YoY dan 2.5% MoM, lebih buruk daripada yang diantisipasikan.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di 1.0655 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.0620 dan kemudian 1.0570. “Resistance” terdekat menunggu di 1.0745  yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.0790 dan kemudian 1.0830.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido