Rekomendasi Pergerakan Harga Emas 25 September 2019

1017

(Vibiznews-Commodity) Harga emas turun pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat hari Selasa kemarin. Metal kuning mengalami koreksi turun secara normal ditengah kenaikan harga yang solid terjadi pada grafik bar harian. Emas berjangka bulan Desember terakhir turun $3.00 per ons pada $1,528.70. Harga perak Comex bulan Desember terakhir turun $0.091 pada $18.62 per ons.

Pasar saham Asia dan Eropa kebanyakan naik pada trading semalam. Indeks saham AS mengarah naik pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai. Sikap para trader dan investor sedikit lebih baik pada hari kemarin, namun belum mendekati kecepatan penuh menjelang “risk-on”.

Ada perubahan pemikiran di pasar mengenai pertemuan antara para pejabat perdagangan Cina dan Amerika Serikat di Washington D.C. Para trader awalnya menganggap keberangkatan lebih awal balik ke rumah dari delegasi perdagangan Cina adalah suatu tanda bahwa pembicaraannya tidak berjalan dengan baik. Cina diskedulkan untuk mengunjungi pertanian Amerika Serikat, namun kunjungan itu tiba-tiba ditunda. Namun, perkataan yang datang dari kedua belah pihak sejak hari Jumat yang lalu sangat bagus dan negosiasi perdagangan disiapkan untuk terus berlangsung. Pasar sekarang membaca situasi ini sebagai sesuatu yang positip untuk persetujuan perdagangan AS-Cina.

Ekonomi Uni Eropa secara kolektif sedang dalam kondisi sakit. Sementara data manufaktur yang keluar dari Jerman pada hari Senin menunjukkan bahwa negara dengan perekonomian terbesar di zona Eropa sedang menuju ke resesi.

Kepala bank sentral Cina pada hari Selasa mengatakan People’s Bank of China tidak akan mengikuti langkah pelonggaran kebijakan moneter dari bank sentral-bank sentral Barat, dan bahwa tingkat suku bunga Cina yang sekarang ini sudah pas.

Hal kunci lainnya diluar pasar metal berharga kemarin adlah turunnya harga minyak mentah Nymex dan diperdagangkan disekitar $58.00 per barel. Indeks dolar AS naik sedikit.

Secara tehnikal, obyektif kenaikan harga emas adalah menembus “resistance” yang solid di $1,566.20 setelah terlebih dahulu melewati $1,534.40 dan kemudian $1,540.00. Sebaliknya, obyektif penurunan harga emas adalah menembus “support” yang solid di $1,490.70 setelah terlebih dahulu melewati $1,517.90 dan kemudian $1,510.00.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here