Rekomendasi EUR/USD 16 September 2022: Berhasil Menembus Resistance 1.0350.

496

(Vibiznews – Forex) EUR/USD mendapatkan permintaan yang baru dengan pergerakan naik pasangan matauang ini mengarah ke atas 1.0400 pada jam perdagangan sesi AS hari Selasa malam, dengan pemulihan dollar AS tertahan karena penyangkalan Presiden AS Biden atas keterlibatan misil Rusia yang menyerang Polandia.

Pasangan matauang EUR/USD sempat naik menyentuh 1.0480 pada hari Selasa, level tertinggi sejak awal bulan Juli. Pasangan matauang ini terus naik pada paruh pertama jam perdagangan karena menguatnya saham – saham sehingga menekan turun dollar AS.

EUR/USD melanjutkan kenaikannya setelah muncul data ekonomi AS yang menunjukkan bahwa tekanan inflasi terus mereda. Pada awal perdagangan sesi AS hari Selasa muncul laporan inflasi AS yang berikutnya yang sedikit lebih dingin daripada yang diperkirakan.

Laporan inflasi AS yang datangnya dari Producer’s Price Index (PPI) bulan Oktober, muncul dengan kenaikan di atas 8.0% per tahun, dibandingkan dengan kenaikan sebesar 8.3% yang diperkirakan.

Dari Eropa, GDP area Euro kuartal ke tiga dikonfirmasikan berada pada 0.2% QoQ sebagaimana dengan yang telah diperkirakan sebelumnya. Sementara survey ZEW Jerman menunjukkan bahwa Sentimen Ekonomi pada bulan November membaik dengan Indeks Jerman berada pada – 36.7 dan Zona Euro berada pada – 38.7.

Namun kondisi pasar tiba-tiba berbalik dengan saham – saham mendadak jatuh sementara dollar AS berbalik melanjutkan penguatannya karena munculnya arus safe – haven yang baru akibat berita yang mengatakan bahwa misil Rusia telah ditembakkan dan mengena ke Polandia.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di 1.0296 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.0250  dan kemudian 1.0210. “Resistance” terdekat menunggu di 1.0400 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.0445 dan kemudian 1.5000.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting